PERSIAPAN HATI SEBELUM PERAYAAN EKARISTI

Bagaimana semestinya kita mempersiapkan hati sebelum mengikuti Misa Kudus?

Langkah-langkah yang senantiasa perlu kita lakukan dalam mempersiapkan hati sebelum mengikuti Misa Kudus, yakni:

  • Baca dan renungkanlah bacaan Misa Kudus hari itu sebelum menghadiri Misa, entah malam sebelumnya (doa malam) atau pagi hari (doa pagi). Bacaan Misa Kudus dapat diperoleh dari buku renungan harian yang berdasarkan Penanggalan Liturgi Gereja. Awalilah permenungan akan Sabda Allah ini dengan doa syukur, demikian juga di akhir renungan. Jika semua anggota keluarga beragama Katolik, kita dapat merenungkannya bersama-sama sebagai satu keluarga, yaitu suami, istri, dan anak-anak. Hal ini baik juga untuk menanamkan kebiasaan membaca dan merenungkan Kitab Suci pada anak-anak.
  • Ambillah satu ayat yang dapat kita ingat untuk kita ulangi di dalam hati. Kita dapat mengulangi ayat ini dan meresapkannya di dalam hati. Atau renungkanlah beberapa tema kasih Tuhan berkaitan dengan Ekaristi Kudus, seperti: Yesus adalah Roti Hidup yang kuperlukan; Ekaristi adalah sumber sukacita dan kekuatanku; Komuni mempersiapkan aku untuk kebahagiaan surgawi; Dalam Komuni aku berjumpa dengan Yesus, Sahabat dan Tuhanku, dan lain-lain.
  • Periksalah batin, dan jika kita menemukan dosa yang cukup berat, akukanlah dosa tersebut di hadapan Tuhan dan juga buatlah ketetapan hati untuk mengaku dosa pada imam dalam Sakramen Tobat jika memungkinkan sebelum Misa, namun jika tidak, secepatnya pada hari-hari berikutnya.

 

by: Komisi Liturgi Keuskupan Surabaya

Rm. Bastian CM

Rm. Bastian CM adalah imam Kongregasi Misi (CM). Pastor Rekan Paroki Kelahiran Santa Perawan Maria, Surabaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *