BEATA YOSEFINA NICOLI

Suster Yosefina Nicoli lahir di Casatisma, Italia, pada tanggal 18 November 1863. Ayahnya adalah seorang hakim dan ibunya seorang pengacara.

Pada tahun 1884, ia menggabungkan diri dengan para Suster Puteri Kasih di Turino. Setelah selesai masa pembinaan di seminari pada tahun 1885, ia diutus ke Cagliari. Disana ia mengajar anak-anak dan gadis-gadis dari Kolese Penyelenggaraan Ilahi. Dengan semangat misioner, ia menemukan banyak anak dan orang muda yang buta huruf. Katanya, “Bagaimana mungkin anak-anak dan orang-orang muda dapat menjadi manusia dan orang Kristiani, bila mereka tidak menerima pendidikan sama sekali?” Dengan bantuan pihak keuskupan setempat, para Suster membuka sekolah untuk anak-anak miskin. Di sana, Suster Yosefina mem-beri pelajaran katekismus setiap hari Minggu kepada mereka.

Pada tahun 1889, dia bertanggung jawab sebagai Suster Abdi di sebuah komunitas yang menangani panti asuhan di Sassari. Suster Yosefina ikut aktif dalam kegiatan Misi Umat di Sardinia. Melalui kegiatan itu, ia membantu menumbuhkan iman para miskin. Pada tahun 1893, pada usia 30 tahun, Suster Yosefina mulai ter-serang penyakit TBC.

Pada tahun 1924, ia pindah kembali ke Sassari. Sejak bulan September, Suster Yosefina tidak dapat ke-luar dari kamar karena penyakitnya itu. Pada hari Rabu, 31 Desember 1924, Suster Yosefina menerima Komuni Suci untuk terakhir kalinya. Dalam kelemahan dan ke-lelahannya, ia berdoa, “Terima kasih Tuhanku, Engkau membuat saya merasakan dan menghayati kelemahan saya ini agar saya menyerahkan diri kepada-Mu dan mencurahkan hati kepada-Mu”. Dia menghadap Bapa Surgawi dalam usia 61 tahun. Saat ini jenazahnya di-semayamkan di kapel La Marina di Cagliari, tempat dimana ia biasa berlutut dan berdoa.

Suster Yosefina Nicoli dinyatakan beata oleh Paus Benediktus XVI pada tanggal 3 Februari 2008 di Cagliari.

Rm. Bastian CM

Rm. Bastian CM adalah imam Kongregasi Misi (CM). Pastor Rekan Paroki Kelahiran Santa Perawan Maria, Surabaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *