SOSIALISASI BAHAN PENDALAMAN IMAN APP 2016

Pada tanggal 10 Februari 2016, umat Gereja Katolik di seluruh dunia akan mengawali masa Prapaskah, masa pantang, puasa dan tobat, dengan ibadat Rabu Abu. Di samping kegiatan mati raga, menyangkal diri, dan mengenangkan sengsara Yesus Kristus dalam karya keselamatan bagi umat manusia, umat diajak untuk menghadiri pertemuan pendalaman iman di lingkungan atau wilayah. Tema pendalaman iman APP tahun 2016 di Keuskupan Surabaya adalah “tekun, ulet, sabar menuju hidup berkelimpahan”. Hidup berkelimpahan pada tema ini adalah bagian dari motto Bapak Uskup, Mgr. Vincentius Sutikno Wisaksono, yaitu “Ego veni ut vitam habeant et abundantius habeant” yang diambil dari Injil Yohanes 10:10b.

Sosialisasi bahan pendalaman iman APP oleh tim katekese kevikepan Surabaya Utara dan tim katekese Paroki Kelsapa diselenggarakan pada hari Selasa, 26 Januari 2016. Setelah makan malam, pada pukul 19.30 WIB kegiatan diawali dengan pengantar oleh Romo Hersemedi, CM dan dilanjutkan dengan penjelasan mengenai tema dan tujuan umum pendalaman APP tahun ini oleh Pak Harjanto, dari Paroki Santa Maria Tak Bercela.

Berbeda dari tahun lalu, pada sosialisasi tahun ini dipilih metode simulasi. Metode ini dipilih dengan tujuan agar para pemandu memperoleh gambaran dan situasi nyata dari pertemuan di lingkungan yang akan mereka pandu. Para pemandu dari lingkungan yang idealnya minimal empat orang diminta untuk masuk ke dalam empat kelompok yang akan mensimulasikan pertemuan pertama hingga keempat. Masing-masing kelompok dipandu oleh tim katekese Paroki Kelsapa. Kegiatan simulasi berlangsung selama lebih kurang 45 menit hingga satu jam.

Seusai berproses dalam kelompok, para pemandu berkumpul kembali untuk mensharingkan atau menanyakan hal-hal yang dirasakan masih kurang jelas. Juga para pemandu memperoleh penegasan mengenai tema dan benang merah kelima tema pertemuan. Kegiatan berakhir pada pukul 21.15 WIB.

Lanny Hartanti

Ibu Lanny Hartanti adalah anggota Bidang Sumber di Paroki Kelahiran St. Perawan Maria, Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *