PERTEMUAN RUTIN TIM KATEKESE

Tim Katekese Paroki Kelsapa Surabaya mengadakan pertemuan rutin di Pastoran Kepanjen 9. Pertemuan diadakan setiap Rabu Ketiga dalam bulan. Dalam pertemuan hari Rabu tanggal 20 April 2016, tim belajar bersama tentang bahan pengajaran bagi para katekumen. Kali ini yang mempresentasikan bahan pengajarannya adalah Sr. Verunique, SPM dan Angela Susanti.

Dengan runtut dan bagus, kedua pengajar ini menyajikan bahan yang telah disiapkan. Sr. Veronique, SPM mempresentasikan tema “Aku Percaya, Kami Percaya”. Sementara Angela mempresentasikan tema “Aku percaya akan Allah Bapa: Simbol Iman, Allah Tritunggal”. Setelah presentasi, anggota tim yang lain memberikan evaluasi dan masukan agar bahan menjadi lebih baik dan dapat disampaikan pada para katekumen dengan lebih mudah dan sederhana.

Presentasi bahan pengajaran ini dilakukan sebagai usaha dari tim katekese agar mutu pengajaran bagi para katekumen semakin lebih baik. Setiap tahunnya Paroki Kelsapa memiliki katekumen antara 20 sampai 30 orang. Mereka ini disiapkan selama lebih dari satu tahun untuk menerima sakramen baptis.

Mengajar dan mendampingi para katekumen hanyalah salah satu kegiatan rutin dari tim katekese. Menurut Pedoman Rumah Tangga Paroki Kelsapa Surabaya tugas tim ini antara lain :
1. Bertanggungjawab atas terselenggaranya seluruh kegiatan katekese paroki.
2. Menyiapkan para calon penerima sakramen baptis, komuni pertama, dan krisma.
3. Membuat bahan-bahan katekese umat dan doa-doa novena.
4. Menjadi koordinator sosialisasi dan animasi bahan-bahan APP dan Adven.

Tugas yang berat ini menjadi ringan karena tugas itu dikerjakan bersama sebagai sebuah tim. Tim Katekese untuk periode tahun 2015-2018 adalah sebagai berikut :

Ketua : Felicia Veronica Lanny Hartanti
Pengajar :
1. Yohanes Bachman Sastra
2. Henrica Sukartinah
3. Monica Khoe Sioe Ming
4. Ignatius Haryanto Liesar
5. Tri Sukami
6. Angela Susanti
7. Yohanes Nugroho
8. Fransisca Indrawati Sutanto
9. Yohanna Dientje
10. Maria Johanna
11. Arnoldina Luruk
12. Joseph Nugroho
13. Gati Yuliana
14. Djue djue
15. Kuncoro
Pendamping : Sr. Veronique SPM

Lewat pertemuan rutin semacam ini kekompakan tim dibangun. Anggota tim juga bisa belajar dari anggota yang lain. Dalam kesempatan yang sama ketua seksi katekese biasanya membagi tugas. Harapan dari semua itu, kegiatan katekese di Paroki Kelsapa semakin berkembang dan semakin baik. Tentu semua itu dilakukan dengan harapan agar umat terbantu dalam memahami dan mendalami imannya.Semoga.

Hersemedi

Rm. Hersemedi CM adalah imam Kongregasi Misi (CM). Pastor Kepala Paroki Kelahiran Santa Perawan Maria, Surabaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *