Simulasi Pertemuan APP 1

APP tidak hanya berarti AKSI PUASA PEMBANGUNAN tetapi seharusnya juga berarti AKSI PASKAH PEMBANGUNAN. Menurut pengalaman Gereja di Indonesia, APP sebagai aksi puasa pembangunan merupakan suatu gerakan yang melibatkan seluruh umat Katolik selama masa Prapaskah untuk mewujudkan secara nyata puasa, pantang, derma dalam berbagai bentuk kegiatan yang membangun masyarakat, yang secara nyata membawa dampak untuk kesejahteraan banyak orang. Hal ini merupakan suatu gerakan yang mempunyai makna sosial dan liturgis. Sebagai kegiatan selama masa Prapaskah sebenarnya harus dipahami sebagai “persiapan” untuk perayaan Paskah yang adalah puncak dan pusat perayaan tahunan. Gerakan APP yang rapih dan penuh semangat ini seharusnya tidak berhenti pada hari-hari menjelang Tri Hari Suci.

Seperti halnya itulah, team Katakese yang mewakili gereja Kelsapa dalam rangka persiapan prapaskah ini ingin memberikan panduan mengenai kegiatan APP (Aksi Pembangunan Puasa) kepada umat paroki yang nantinya kegiatan ini akan diadakan disetiap wilayah. Acara simulasi pertemuan APP (Aksi Pembangunan Puasa) pertama ini diadakan pada hari Senin, 6 Maret 2017 di lantai 2 Balai Paroki, pukul 19.00 WIB. Dalam acara pertemuan simulasi APP pertama ini, pesertanya adalah setiap wilayah paroki diwakili oleh ketua wilayah atau kordinator wilayah masing – masing. Selain peserta yang rata – rata dari para orang – tua ini ada juga yang dari beberapa kaum muda yang mewakili OMK setiap wilayah masing – masing untuk ikut acara simulasi pertemuan APP pertama ini karena ada beberapa OMK wilayah yang berencana akan membuat acara APP sendiri khusus OMK contohnya dari OMK Gabriel, OMK FX, OMK BS dan lainnya. Acara yang dibawa oleh team katakakese Kelsapa, ini berisi panduan apa saja yang harus kita lakukan sebagai pemandu dalam memimpin sebuah pertemuan APP dengan baik, entah itu dari sususan awal acara pertemuan APP seperti tujuan APP dan pengantarnya, lagu pembuka, doa Pembuka, video yang berisi makna sesuai tema pertemuan APP yang tahun adalah “Murid – Murid Kristus Membangun Keadaban Ekologis” dan Sub tema pertemuan APP pertama ini adalah “Bumi Rumah Kita Baik Adanya”, Sharing pengalaman setiap peserta APP mengenai apa saja hal yang pernah dirasakan yang berhubungan dengan alam entah itu pengalaman dari kecil atau dewasa, lalu membaca dan sharing Alkitab bersama. Juga peserta bisa berbagi pengalaman apa saja yang berhubungan bacaan kitab suci ini, hingga sampai ke doa APP dan lagu penutup juga doa penutup dari kegiatan pertemuan APP ini. Ini supaya kegiatan APP bisa berjalan dengan lancar dan baik, terutama bisa terlaksana semua di setiap wilayah paroki Kelsapa.

Di akhir acara simulasi pertemuan APP pertama ini, Romo Hersemedi. CM yang ikut menghadiri acara ini beliau menyampaikan lewat simulasi APP ini, diharapkan supaya kita umat paroki Kelsapa lebih peka dan sadar kita juga punya peranan penting yang bisa membantu menghidupkan makna prapaskah lewat pertemuan APP disetiap wilayah paroki kita. Supaya kita lebih berani dan percaya bahwa kita semua bisa menjadi pemimpin kegiatan APP disetiap wilayah masing – masing, yang paling penting jangan takut salah dan tidak percaya diri karena itu akan menjadi awal pembelajaran yang baik bagi diri kita yang akan menyambut Tri Hari Suci Tuhan.

Semoga dengan ini kita tidak hanya menganggap Aksi Pembangunan Puasa semata saja tetapi kita bisa menghayati dan terus menjadi murid – murid Kristus yang bisa membawa terangNya dalam perbaharuan kehidupan diri, wilayah paroki dan sosial kita.

(Oleh : Jose)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *