Berjumpa dengan Allah melalui Kunjungan Keluarga

Ibadah yang murni dan yang tak bercacat di hadapan Allah, Bapa kita, ialah mengunjungi yatim piatu dan janda-janda dalam kesusahan mereka, dan menjaga supaya dirinya sendiri tidak dicemarkan oleh dunia. (Yakobus 1:27). Di dalam Injil Yakobus ini, kita diajarkan untuk membantu keluarga-keluarga yang dalam kesusahan, khususnya keluarga kurang mampu. Santo Vincent De Paul juga mengajarkan pada kita, untuk selalu berjumpa dengan Allah melalui setiap karya kasih bagi kaum papa.

Sebagai bentuk karya kasih yang diajarkan oleh Injil Yakobus dan Santo Vincent De Paul, SSV Konferensi St. Yakobus melakukan kunjungan dan berbagi kebahagiaan pada kelima keluarga asuhan wilayah Carolus Boromeus pada tanggal 28 Maret 2017. Dalam kunjungan ini, para pengurus SSV Konferensi St. Yakobus diajak untuk mendengarkan pengalaman hidup dan kebutuhan masing-masing keluarga asuhan. Betapa miris yang dialami keluarga asuhan saat ini, ada salah satu keluarga yang rumahnya tanpa ventilasi, atap rumahnya bocor, ada yang kesulitan membayar kontrakan rumah, ada keluarga yang suaminya baru saja keluar dari pekerjaannya, dan ada juga keluarga yang sebentar lagi ingin menyekolahkan kedua anaknya masuk SD dan SMP secara bersamaan.

Ini beberapa pengalaman hidup yang di dapat oleh pengurus SSV Konferensi St. Yakobus dari keluarga asuhan. Masih ada beberapa keluarga yang belum dapat dikunjungi, bahkan diluar sana masih banyak keluarga yang membutuhkan uluran tangan kita. Perlu kita renungkan, apa yang dapat kita lakukan bersama untuk mengurangi beban mereka demi kemuliaan Allah? Semoga kita semua, terpanggil dan selalu setia dalam melayani kaum papa. Selalu bersyukur untuk apapun yang telah diberikan oleh Tuhan pada kita.

Oleh : Chitra (SSV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *