PERINGATAN HARI BEATO FREDERIC OZANAM

Beato Frederic Ozanam adalah sosok seorang mahasiswa yang dikenal atas semangatnya dalam membantu kaum papa saat Revolusi Perancis abad ke-19. Karena kasihnya pada kaum papa, tanggal 23 April 1833 Ia mendirikan suatu organisasi bernama Konferensi Cinta Kasih atau yang lebih dikenal dengan Serikat Sosial Vinsensius (SSV). Pembimbing Rohani SSV yang pertama adalah Sr. Rosalie Rendu PK. Di bawah bimbingan Sr. Rosalie Rendu PK, serikat diajak untuk menghayati spiritualitas Santo Vinsensius. Santo Vinsensius dikenal atas kasihnya pada orang miskin, sehingga Santo Vinsensius menjadi pelindung, teladan dan nama serikat. Saat ini, SSV hadir di 149 negara dengan jumlah konferensi 50.000 dengan anggota lebih dari 700.000 orang. Hari Peringatan Beato Frederic Ozanam ini dirayakan setiap tanggal 9 September.

SSV Indonesia bersama SSV Konferensi St. Yakobus, juga mengajak umat untuk turut merayakan Hari Peringatan Beato Frederic Ozanam pada tanggal 9 September 2017 di Paroki Kelahiran Santa Perawan Maria Surabaya. Perayaan ini diawali dengan Misa Kudus Peringatan Beato Frederic Ozanam yang dipimpin oleh Romo Antonius Sad Budianto CM, Penasehat Rohani Dewan Nasional SSV Indonesia, dengan konselebran Romo Yohanes Kukuh CM, Penasehat Rohani Dewan Nasional SSV Indonesia dan Romo Sebastianus Bu’ulolo CM, Penasehat Rohani SSV Dewan Daerah Surabaya. Pada misa ini turut dihadiri oleh pengurus SSV Dewan Nasional Indonesia, perwakilan SSV Konferensi yang ada di Indonesia, Para Suster PK, peserta TKMV Kelsapa dan para undangan lainnya.

Dalam Homilinya, Romo Yohanes Kukuh CM mengajak umat untuk lebih peka terhadap sesama. Kita diajak untuk menegur sesama. Menegur berarti membantu orang lain yang membutuhkan terutama kaum papa, bukan dalam arti menghakimi atau mencari kesalahan orang lain. Pada akhir misa, Romo Sebastianus CM juga memperkenalkan SSV Konferensi St. Yakobus Kelsapa kepada umat. SSV Konferensi St. Yakobus memiliki karya kasih dalam bidang pendidikan. Ervan selaku perwakilan anak asuh dari SSV Konferensi St. Yakobus juga menyampaikan ucapan syukurnya dan harapannya bagi SSV. Kemudian, acara dilanjutkan dengan acara ramah tamah, pemutaran video tentang Frederic Ozanam, kuis, serta pembagian doorprize di Pastoran. Semoga dengan adanya Misa Kudus Peringatan Beato Frederic Ozanam, umat semakin mengenal karya kasih SSV Indonesia, terutama SSV Konferensi St. Yakobus Kelsapa dan semakin banyak umat yang tergerak untuk bergabung dalam karya kasih ini. (Chitra, red)

Stefani

Stefani adalah salah satu anggota KOMSOS Paroki Kelahiran Santa Perawan Maria Surabaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *