MENJADI GARAM DAN TERANG DUNIA

Panas terik selama perjalanan kurang lebih satu setengah jam di hari Sabtu (14 Okt) itu tak terasa lagi ketika umat Wilayah Dominikus tiba di GSV Prigen. Disambut udara sore dan taman luas yang hijau, tidak hanya pikiran tapi tubuh juga di-recharge dengan snack time sebelum umat memulai rangkaian acara rekoleksi dengan tema “Kasih Dalam Pelayanan”.
Setelah istirahat sejenak, acara dibuka dengan doa, sambutan dari ketua wilayah dan game untuk lebih mempererat para peserta rekoleksi. Setelah itu Romo Bastian menyampaikan materi tentang “Halangan dalam Melayani”. Setelah makan malam, umat berkumpul kembali untuk pujian dan renungan, dimana umat diajak untuk merenungkan hal-hal yang menjadi penghalang diri masing-masing dalam melayani. Suasana hening dan haru memenuhi ruangan tatkala umat menyadari kelemahan yang menjauhkan diri dari kehendak Yesus untuk melayani. Untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan kita Yesus Kristus, selanjutnya umat diajak melakukan adorasi, yang mengakhiri acara pada hari pertama.
Acara hari kedua dimulai pukul 6 pagi dengan doa Rosario kepada Bunda Maria. Semangat para umat sangat nampak saat mereka bangun, bahkan sebelum mentari terbit. Setelah mengawali hari dengan doa rosario dan foto bersama di Goa Maria, dan dilanjutkan dengan sarapan, Romo menyampaikan materi tentang “Membangun Komitmen dalam Pelayanan”. Di sini kita mengenali buah-buah pelayanan yang benar.
Selanjutnya umat dibagi dalam lima kelompok, yang masing-masing dibimbing oleh pengurus atau aktivis wilayah, dalam sesi sharing. Dalam grup kecil, umat lebih terbuka menyampaikan halangan mereka dalam melayani selama ini dan berbagi pengalaman dalam pelayanan.
Setelah makan siang, umat diajak menyampaikan wujud nyata komitmen pelayanan yang hendak mereka lakukan setelah mengikuti rekoleksi ini, dengan menuliskannya di secarik kertas. Melengkapi hari Minggu itu, umat mengikuti misa ekaristi di GSV. Seusai misa, rekoleksi diakhiri dengan doa dan penutupan, sebelum umat kembali ke Surabaya.
Dua hari bukanlah waktu yang panjang untuk lebih mendekatkan diri kepada Kristus, namun semoga komitmen umat dalam melayani bertahan melalui segala halangan dan rintangan yang ada.(Jennie)

Stefani

Stefani adalah salah satu anggota KOMSOS Paroki Kelahiran Santa Perawan Maria Surabaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *